Selamat Datang di Blog Ayo Belajar Bersama 4845 Lampung............................................................Blog ini digunakan sebagai contoh untuk pembelajaran Infomatika Peserta Didik di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung

STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA



Struktur Kurikulum pada PAUD

Struktur Kurikulum pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), terdiri atas:

  1. Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler
  2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam Capaian Pembelajaran. Capaian Pembelajaran PAUD terdiri atas satu fase yang disebut fase fondasi,

Projek penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilakukan dengan konteks tradisi Lokal, hari besar nasional, atau internasional dan dilaksanakan sebanyak 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) projek dengan tema berbeda di PAUD dalam satu tahun ajaran.

Alokasi waktu di PAUD usia 3 (tiga) tahun sampai dengan 4 (empat) tahun paling sedikit 360(tiga ratus enam puluh) ment perminggu. Alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4(empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun paling secikit 900 (sembilan ratus) menit perminggu. Tidak ada batasan alokasi waktu untuk projek peng uatan profil pelajar Pancasila.

Satuan pendidikan diharapkan dapat mengatur alokasi waktu yang dapat mengakomodasi ercapainya Capaian Pembelajaran dan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila.

 

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Dasar dan Menengah dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan Utama, yaitu:

  1. pembelajaran intrakurikuler; dan
  2. projek penguatan profil pelajar Pancasila.

SD/Mi sederajat

SDIMUbentuk Lain yang sederajat dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Capaian pembelajaran untuk jenjang SD/Mi/bentuk lain yang sederajat dibagi menjadi 3 (tiga) fase: Fase A untuk kelas I dan kelas II, Fase B untuk kelas Ill dan kelas IV, dan Fase C untuk kelas V dan kelas VI

SMP/MTs sederajat

Capaian pembelajaran untuk jenjang SMP/MTs/bentuk Lain yang sederajat terdiri atas 1 (satu) fase yaitu Fase D untuk kelas VII kelas VII, dan kelas IX.

 

SMA/MA sederajat

Mata pelajaran yang tercantum pada struktur kurikulum kelas X berlaku wajib untuk semua siswa, sedangkan pemilihan mata pelajaran dilakukan pada kelas Xl dan XI.

Capaian pembelajaran untuk jenjang SMA/MA/bentuk lain yang sederajat terdiri atas 2 (dua) Fase: Fase E untuk kelas X dan Fase F untuk kelas XI dan kelas XI.

Kerangka-modul-ajar-kurikulum-merdeka

CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA




0 Post a Comment: