TES KEMAMPUAN AKADEMIK 2025-2026 MATEMATIKA SMP
Definisi
Muatan
- bilangan,
- aljabar,
- geometri dan pengukuran, serta
- data dan peluang.
Kompetensi
Level | Level Kognitif | Proses Berpikir | Deskripsi Proses Berpikir |
1 | Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding) | Menghitung | Melakukan perhitungan berdasarkan prosedur yang mencakup operasi hitung aritmatika (+, -, ×, ÷, atau kombinasinya), operasi aljabar, atau operasi matematika lainnya. |
Memahami informasi | Memahami informasi dari grafik fungsi, tabel, diagram, infografis, atau bentuk visual lainnya. | ||
Mengelompokkan | Mengelompokkan objek berdasarkan fakta, konsep, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen. | ||
Mengidentifikasi | Melakukan identifikasi terhadap objek menggunakan konsep, fakta, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen. | ||
2 | Aplikasi (Applying) | Memodelkan | Memodelkan permasalahan kontekstual terkait cakupan sub-elemen ke dalam kalimat matematika. |
Mengaplikasikan | Mengaplikasikan strategi dan operasi matematika (berupa operasi hitung, operasi aljabar, atau bentuk operasi lainnya) untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep dan prosedur matematis yang familiar dan rutin. | ||
Menginterpretasikan | Memahami dan menjelaskan makna dari berbagai situasi, kejadian, pernyataan, representasi, atau masalah matematika. | ||
3 | Penalaran (Reasoning) | Menganalisis | Menentukan, menjelaskan, dan menggunakan hubungan beberapa konsep, fakta, prinsip, atau prosedur matematika dalam cakupan sub-elemen. |
Memecahkan masalah | Mengaitkan beberapa konsep, fakta, prinsip, prosedur, dan representasi matematika dalam cakupan sub- elemen, untuk menyelesaikan permasalahan dalam situasi baru atau konteks yang tidak rutin. | ||
Mengevaluasi | Mengevaluasi alternatif strategi dan solusi dari suatu pemecahan masalah. | ||
Menyimpulkan | Menarik kesimpulan yang valid dari informasi, data, atau bukti yang diberikan menggunakan konsep, fakta, prinsip, dan prosedur matematika dalam cakupan sub-elemen. | ||
Melakukan generalisasi | Menyusun pernyataan matematis yang menggambarkan hubungan yang lebih umum terkait konsep, fakta, prinsip, dan prosedur dalam cakupan sub-elemen |
Matriks Asesmen
No. | Elemen/ Materi | Sub-elemen/ Submateri | Kompetensi | Batasan/ Catatan |
1. | Bilangan | Bilangan Real | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
| Bilangan mencakup bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan berpangkat bulat, bilangan akar, dan bilangan dalam notasi ilmiah |
2. | Aljabar | Persamaan dan Pertidaksamaan Linier | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
|
Bentuk Aljabar | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
| ||
Fungsi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
| ||
Barisan dan Deret | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
| ||
3. | Geometri dan Pengukuran | Objek Geometri | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
|
Transformasi Geometri | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
| ||
Pengukuran | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
| ||
4. | Data dan Peluang | Data | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
| Penyajian data meliputi: diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan tabel |
Peluang | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
|
Contoh Soal
Terdapat tiga bilangan yang dinyatakan dengan (332 − 32), (82 + 296), dan (36 × 35).
No Soal | 1 |
---|---|
Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait faktorisasi prima bilangan asli |
Sub Kompetensi | |
Bentuk Soal | PGK MCMA |
Kunci | C, D |
Bilangan apa saja yang merupakan faktor persekutuan ketiga bilangan tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
Harga setengah kilogram cabe rawit pada hari ini adalah Rp35.000,00.
No Soal | 2 |
---|---|
Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait perbandingan senilai dan berbalik nilai |
Sub Kompetensi | |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
Kunci | B |
Jika hari ini Ibu membeli cabe rawit seberat kilogram, total harga yang harus dibayar Ibu adalah ….
Misalkan a dan b merupakan dua bilangan real sehingga sistem persamaan linear (SPL)
mempunyai solusi (𝑥, 𝑦) = (5,-2).
No Soal | 3 |
---|---|
Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait sistem persamaan linear dua variabel. |
Sub Kompetensi | |
Bentuk Soal | PGK Kategori |
Kunci | A. Benar B. Benar C. Salah |
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut terkait dengan nilai a dan b!
# | Pernyataan | Benar | Salah |
A. | a merupakan bilangan prima. | ||
B. | b merupakan bilangan ganjil. | ||
C. | 10a + b = 31. |
Desain jembatan yang tepat sangat penting untuk memperkuat struktur karena menentukan kestabilan, ketahanan, dan keselamatan jembatan dalam menghadapi beban dan kondisi lingkungan. Salah satu contoh desain jembatan tampak pada gambar.
Bagian rangka jembatan tersebut dapat digambarkan dengan sketsa garis sebagai berikut:
Diketahui garis L1 sejajar dengan garis L2 dan garis L3 sejajar dengan garis L4.
No Soal | 4 |
---|---|
Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait hubungan antar-sudut yang terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejajar yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga) |
Sub Kompetensi | |
Bentuk Soal | PGK Kategori |
Kunci | A. Benar B. Salah C. Benar |
Jika besar sudut A adalah , tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
# | Pernyataan | Benar | Salah |
A. | Besar sudut D adalah | ||
B. | Besar sudut C dapat ditentukan dengan menggunakan aturan sudut berpelurus yaitu sebesar | ||
C. | Sudut B dan E sama besar yaitu |
Pak Doni mempunyai rumah dengan tampak samping kanan sebagai berikut.
Pak Doni ingin mengecat dinding samping kanan rumah tersebut. Terdapat empat merek cat di pasaran yang dapat digunakan Pak Doni seperti ditunjukkan pada tabel berikut.
Merek Cat | 1 kg Dapat Mengecat | Kemasan yang Tersedia di Toko |
Momilex | 7 m2 | 5 kg-an dan 10 kg-an |
Josun | 8 m2 | 2 kg-an dan 10 kg-an |
Bulux | 10 m2 | 2 kg-an dan 5 kg-an |
Noppin | 9 m2 | 1 kg-an dan 5 kg-an |
No Soal | 5 |
---|---|
Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya) |
Sub Kompetensi | |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
Kunci | C |
Pak Doni ingin membeli cat dengan merek yang sama. Supaya sisa cat yang dibeli paling sedikit, cat merek apakah yang sebaiknya dipilih?
Berdasarkan data diketahui bahwa rata-rata berat satu butir telur kecil 45 gram, satu telur sedang 55 gram, dan satu telur besar 65 gram. Seorang karyawan toko bahan pangan, sedang mengemas setiap 10 butir telur ke dalam satu kemasan dengan ketentuan bahwa rata-rata berat per telur dalam setiap kemasan tersebut adalah 55 gram.
No Soal | 6 |
---|---|
Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait penentuan dan penaksiran rerata (mean), median, modus, dan jangkauan (range) dari data |
Sub Kompetensi | |
Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
Kunci | D |
Jika dalam satu kemasan sudah berisi 1 telur besar, 5 telur sedang, dan 2 telur kecil, maka dua telur tambahan yang harus dipilih supaya tetap memenuhi aturan pengemasan adalah ….
0 Post a Comment:
Posting Komentar