Selamat Datang di Blog Ayo Belajar Bersama 4845 Lampung............................................................Blog ini digunakan sebagai contoh untuk pembelajaran Infomatika Peserta Didik di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung

TES KEMAMPUAN AKADEMIK 2025-2026 MATEMATIKA SMP

 

Definisi

Sebagaimana TKA Matematika SD/MI/sederajat, TKA Matematika SMP/MTs/sederajat juga mengukur kemampuan murid dalam memahami fakta, konsep, prinsip, dan prosedur matematika, serta kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan masalah (problem solving).

Muatan

Muatan TKA Matematika SMP/MTs/sederajat merujuk pada elemen kurikulum atau materi matematika yang dipelajari murid yang ada pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Elemen ini meliputi: 
  • bilangan,
  • aljabar,
  • geometri dan pengukuran, serta
  • data dan peluang.
Penggunaan logika matematika diintegrasikan langsung dengan elemen matematika yang tertera dalam kurikulum. Pengetahuan matematika diukur melalui permasalahan dalam konteks matematika dan permasalahan dalam konteks keseharian yang dapat meliputi kejadian atau situasi di lingkup personal, keluarga, atau lingkungan sekitar yang bersifat lokal.

Kompetensi

Level

Level Kognitif

Proses Berpikir

Deskripsi Proses Berpikir

1

Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding)

Menghitung

Melakukan perhitungan berdasarkan prosedur yang mencakup operasi hitung aritmatika (+, -, ×, ÷, atau kombinasinya), operasi aljabar, atau operasi matematika lainnya.

Memahami informasi

Memahami informasi dari grafik fungsi, tabel, diagram, infografis, atau bentuk visual lainnya.

Mengelompokkan

Mengelompokkan objek berdasarkan fakta, konsep, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen.

Mengidentifikasi

Melakukan identifikasi terhadap objek menggunakan konsep, fakta, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen.

2

Aplikasi (Applying)

Memodelkan

Memodelkan permasalahan kontekstual terkait cakupan sub-elemen ke dalam kalimat matematika.

Mengaplikasikan

Mengaplikasikan strategi dan operasi matematika (berupa operasi hitung, operasi aljabar, atau bentuk operasi lainnya) untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep dan prosedur matematis yang familiar dan rutin.

Menginterpretasikan

Memahami dan menjelaskan makna dari berbagai situasi, kejadian, pernyataan, representasi, atau masalah matematika.

3

Penalaran (Reasoning)

Menganalisis

Menentukan, menjelaskan, dan menggunakan hubungan beberapa konsep, fakta, prinsip, atau prosedur matematika dalam cakupan sub-elemen.

Memecahkan masalah

Mengaitkan beberapa konsep, fakta, prinsip, prosedur, dan representasi matematika dalam cakupan sub- elemen, untuk menyelesaikan permasalahan dalam situasi baru  atau konteks yang tidak rutin.

Mengevaluasi

Mengevaluasi alternatif strategi dan solusi dari suatu pemecahan masalah.

Menyimpulkan

Menarik kesimpulan yang valid dari informasi, data, atau bukti yang diberikan menggunakan konsep, fakta, prinsip, dan prosedur matematika dalam cakupan sub-elemen.

Melakukan generalisasi

Menyusun pernyataan matematis yang menggambarkan hubungan yang lebih umum terkait konsep, fakta, prinsip, dan prosedur dalam cakupan sub-elemen



Matriks Asesmen

No.

Elemen/ Materi

Sub-elemen/ Submateri

Kompetensi

Batasan/ Catatan

1.

Bilangan

Bilangan Real

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: 

  • Perbandingan dan sifat-sifat bilangan;
  • Operasi aritmetika pada bilangan;
  • Estimasi/ perkiraan hasil perhitungan;
  • Faktorisasi prima bilangan asli;
  • Rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan);
  • Perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Bilangan mencakup bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan berpangkat bulat, bilangan akar, dan bilangan dalam    notasi ilmiah

2.

Aljabar

Persamaan dan Pertidaksamaan Linier

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih    tinggi    untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Persamaan linear satu variabel;
  • Pertidaksamaan linear satu variabel; 
  • Sistem persamaan linear dua variabel.

 

Bentuk Aljabar

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: 

  • Bentuk aljabar dan sifat-sifat operasinya (komutatif, asosiatif, dan distributif).

 

Fungsi

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Relasi dan fungsi (domain, kodomain, range), serta penyajiannya.

 

Barisan dan Deret

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Barisan berhingga bilangan;
  • Deret berhingga bilangan. 

 

3.

Geometri dan Pengukuran

Objek Geometri

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Hubungan antar- sudut yang terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejajar        yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga); 
  • Teorema Pythagoras. 
  • Kekongruenan dan kesebangunan bangun datar;
  • Jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas dan kerucut).

 

Transformasi Geometri

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Transformasi tunggal (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) terhadap titik, garis, dan bangun datar pada bidang.

 

Pengukuran

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya);
  • Volume bangun ruang (prisma, limas, dan bola).

 

4.

Data dan Peluang

Data

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Perumusan pertanyaan untuk mendapatkan data, serta penyajian, dan peginterpretasian data;
  • Penentuan dan penaksiran rerata (mean), median, modus, dan jangkauan (range) dari data;
  • Perbandingan ukuran pemusatan      dan ukuran penyebaran beberapa kelompok data.

Penyajian data meliputi: diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, dan tabel

Peluang

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Peluang dan frekuensi relatif dari kejadian tunggal.

 

 


Contoh Soal


Terdapat tiga bilangan yang dinyatakan dengan (332 − 32), (82 + 296), dan (36 × 35).

No Soal1
KompetensiMemahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait faktorisasi prima bilangan asli
Sub Kompetensi
Bentuk SoalPGK MCMA
KunciC, D

Bilangan apa saja yang merupakan faktor persekutuan ketiga bilangan tersebut?

Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.

Harga setengah kilogram cabe rawit pada hari ini adalah Rp35.000,00. 

No Soal2
KompetensiMemahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait perbandingan senilai dan berbalik nilai
Sub Kompetensi
Bentuk SoalPilihan Ganda (PG)
KunciB

Jika hari ini Ibu membeli cabe rawit seberat  kilogram, total harga yang harus dibayar Ibu adalah ….  

Misalkan dan merupakan dua bilangan real sehingga sistem persamaan linear (SPL) 

 mempunyai solusi (𝑥, 𝑦) (5,-2).

 

No Soal3
KompetensiMemahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait sistem persamaan linear dua variabel.
Sub Kompetensi
Bentuk SoalPGK Kategori
KunciA. Benar
B. Benar
C. Salah

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut terkait dengan nilai dan b!

#PernyataanBenarSalah
A.

merupakan bilangan prima.

 
 
B.

merupakan bilangan ganjil.

 
 
C.

10a + b = 31.

 
 

Desain jembatan yang tepat sangat penting untuk memperkuat struktur karena menentukan kestabilan, ketahanan, dan keselamatan jembatan dalam menghadapi beban dan kondisi lingkungan. Salah satu contoh desain jembatan tampak pada gambar.

Bagian rangka jembatan tersebut dapat digambarkan dengan sketsa garis sebagai berikut:

Diketahui garis L1 sejajar dengan garis L2 dan garis L3 sejajar dengan garis L4.

No Soal4
KompetensiMemahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait hubungan antar-sudut yang terbentuk oleh dua garis yang berpotongan, dan oleh dua garis sejajar yang dipotong suatu garis transversal (termasuk penentuan besar sudut dalam segitiga)
Sub Kompetensi
Bentuk SoalPGK Kategori
KunciA. Benar
B. Salah
C. Benar

Jika besar sudut A adalah , tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

#PernyataanBenarSalah
A.

Besar sudut D adalah 

 
 
B.

Besar sudut C dapat ditentukan dengan menggunakan aturan sudut berpelurus yaitu sebesar 

 
 
C.

Sudut B dan E sama besar yaitu 

 
 

Pak Doni mempunyai rumah dengan tampak samping kanan sebagai berikut.

Pak Doni ingin mengecat dinding samping kanan rumah tersebut. Terdapat empat merek cat di pasaran yang dapat digunakan Pak Doni seperti ditunjukkan pada tabel berikut.

Merek Cat

1 kg Dapat Mengecat

Kemasan yang Tersedia

di Toko

Momilex

7 m2

5 kg-an dan 10 kg-an

Josun

8 m2

2 kg-an dan 10 kg-an

Bulux

10 m2

2 kg-an dan 5 kg-an

Noppin

9 m2

1 kg-an dan 5 kg-an

No Soal5
KompetensiMemahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait keliling dan luas bangun datar (daerah segi banyak dan daerah lingkaran, serta daerah gabungannya)
Sub Kompetensi
Bentuk SoalPilihan Ganda (PG)
KunciC

Pak Doni ingin membeli cat dengan merek yang sama. Supaya sisa cat yang dibeli paling sedikit, cat merek apakah yang sebaiknya dipilih?

Berdasarkan data diketahui bahwa rata-rata berat satu butir telur kecil 45 gram, satu telur sedang 55 gram, dan satu telur besar 65 gram. Seorang karyawan toko bahan pangan, sedang mengemas setiap 10 butir telur ke dalam satu kemasan dengan ketentuan bahwa rata-rata berat per telur dalam setiap kemasan tersebut adalah 55 gram.

No Soal6
KompetensiMemahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait penentuan dan penaksiran rerata (mean), median, modus, dan jangkauan (range) dari data
Sub Kompetensi
Bentuk SoalPilihan Ganda (PG)
KunciD

Jika dalam satu kemasan sudah berisi 1 telur besar, 5 telur sedang, dan 2 telur kecil, maka dua telur tambahan yang harus dipilih supaya tetap memenuhi aturan pengemasan adalah ….

 Sumber : https://pusmendik.kemdikbud.go.id/tka/tka/view/mata-pelajaran-wajib/smp

 

 





0 Post a Comment: