PEMUTAHIRAN EMAIL BELAJAR.ID UNTUK GURU DAN PESERTA DIDIK 2022
Per bulan Juli 2022, dilakukan pemutakhiran data pada sistem Belajar.id. Pemutakhiran data ini dimaksudkan agar akun Belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.
Apa tujuan dari pemutakhiran data itu sendiri?
- Sinkronisasi data pada sistem Belajar.id dengan data yang tersedia di Dapodik secara berkala.
- Dengan adanya email notifikasi yang akan Anda terima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.
Bagaimana bentuk notifikasi yang Anda terima ketika ada pemutakhiran data?
- Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan dinonaktifkan
- Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Menjadi Admin atau Sebaliknya
- Akun Pendidik & Tenaga Kependidikan Berubah Karena Mutasi
- Akun Peserta Didik Pindah Jenjang
- Akun Peserta Didik Dinonaktifkan
Siapa saja yang terkena dampak dari pemutakhiran data tersebut?
Bagi Anda yang termasuk dalam kategori di atas, tidak perlu khawatir! Pastikan Anda melakukan pengecekan pada email akun Belajar.id Anda secara berkala. Hal ini agar Anda lebih mengetahui langkah-langkah selanjutnya apabila Anda mendapatkan email notifikasi.
FAQ
Bagaimana saya tahu bahwa akun Belajar.id saya terkena dampak pemutakhiran data?
Pastikan Anda melakukan pengecekan email akun Belajar.id Anda secara berkala terutama jika Anda melakukan suatu perubahan yang berdampak pada perubahan status atau data di Dapodik, seperti: sekolah tutup, pindah jenjang atau pindah sekolah, atau mengundurkan diri.
Bagaimana jika saya termasuk kategori yang harusnya terkena pemutakhiran data, namun saya tidak mendapatkan email notifikasi?
Pastikan data Anda sudah berubah di Dapodik sesuai status Anda saat ini, jika Anda sudah memperbaruinya namun belum menerima email notifikasi, silakan hubungi ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/
Berapa lama perubahan data di Dapodik akan direfleksikan ke akun Belajar.id saya?
Sinkronisasi data secara otomatis akan dilakukan secara harian
Apakah akses saya di platform Kemendikbudristek, seperti TanyaBOS, akan hilang apabila terkena dampak pemutakhiran data?
Apabila Anda adalah Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK) yang berubah jenjang maka Anda harus menggunakan Akun Belajar.id baru untuk login ke TanyaBOS
Apakah riwayat data/aktivitas saya di platform TanyaBOS akan hilang apabila saya menggunakan Akun Belajar.id baru berubah karena jenjang?
Riwayat data atau aktivitas Anda di platform TanyaBOS tidak akan hilang meskipun Akun Belajar.id Anda non-aktif. Namun, Anda akan memiliki 2 username yang berbeda di TanyaBOS.
Sehingga, apabila Anda ingin melihat kembali riwayat data/aktivitas lama Anda di TanyaBOS, silakan melakukan pencarian berdasarkan topik atau username lama dari pertanyaan/postingan Anda sebelumnya
Saya pengguna Chromebook, apakah akses saya juga tidak dapat digunakan apabila terkena dampak pemutakhiran data?
- Bagi PTK yang berubah peran/role di jenjang yang sama, maka akses/akun Anda tidak berubah. Data Anda yang tersimpan pada Chromebook pun masih tetap aman dan tidak hilang
- Bagi PTK yang berpindah jenjang baik dengan role yang sama maupun role yang berbeda, maka akses ke Chromebook Anda harus menggunakan Akun Belajar.id baru dan akun lama Anda akan dinonaktifkan. Data Anda juga harus dipindahkan secara manual agar tidak terhapus ketika akun lama tidak aktif
Saya tidak berpindah role maupun pindah jenjang, namun mendapatkan notifikasi akun akan dihapus. Apa yang harus saya lakukan?
Apabila Anda merasa masih terdaftar di Dapodik, silakan memastikan kembali data Anda di Dapodik masih tersedia dan sesuai. Setelah itu, lakukan pemeriksaan akun di laman https://belajar.id/ menggunakan NPSN dan data Anda yang terbaru.
Sumber : https://pusatinformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/8048186681753
0 Post a Comment:
Posting Komentar