Selamat Datang di Blog Ayo Belajar Bersama 4845 Lampung............................................................Blog ini digunakan sebagai contoh untuk pembelajaran Infomatika Peserta Didik di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung

Rumus Excel Lengkap Kumpulan Fungsi Beserta Contohnya

Hasil gambar untuk excel

RUMUS EXCEL – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang kumpulan rumus fungsi excel lengkap beserta contohnya dan fungsinya untuk di dunia kerja, kita akan jabarkan secara detail mulai dari pengertian, langkah – langkah, kode perintah, dan materi dari excel beserta pembahasannya.

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel yaitu sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat banyak berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya.
Yang menarik lagi dari Microsoft Excel ialah banyaknya fungsi – fungsi dan rumus – rumus yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Di dalam Microsoft Excel juga memiliki bnyak rumus dan fungsi, mulai dari yang pertama yaitu : average/ mencari rata rata di excel , pengurangan, sum, vlookup, if, hingga banyak lagi mencari persen di excel.
Program Microsoft Excel sering juga disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows.
Perhatian : Sebelum anda memulai memperaktekan rumus excel dibawah ini, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu tanda silicon (operator perhitungan) pada excel kalian masing-masing.Terdapat 2 tanda operator pada excel yaitu :
  1. Tanda Koma (,)
  2. Tanda Titik Koma (;)
Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan beberapa rumus contoh untuk melihat tanda silicon excel anda, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


rumus excel
Settingan Operator Excel

Catatan :
  • Tanda silicon (operator perhitungan) pada excel saya adalah tanda koma (,)
  • Maka untuk selanjutnya kita harus menggunakan tanda tersebut disetiap ingin melakukan perhitungan
Ok kalau sudah paham, maka simaklah beberapa rumus excel yang penting untuk anda gunakan didunia kerja, berikut detailnya :

Rumus Excel

Rumus – rumus excel memiliki banyak berbagai macam, khusus untuk pembahasan kali ini akan dibahas rumus excel untuk dunia kerja diantaranya adalah :
RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA
RUMUSKETERANGAN
SUMMenjumlahkan
AVERAGEMencari Nilai Rata-Rata
ANDMencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOTMencari Nilai Dengan Pengecualian
ORMencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IFMencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IFMencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREASMenampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSEMenampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUPMencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUPMencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCHMenampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIFMenghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTAMenghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAYMencari Nilai Hari
MONTHMencari Nilai Bulan
YEARMencari Nilai Tahun
DATEMendapatkan Nilai Tanggal
LOWERMerubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPERMerubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPERMerubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar
Untuk lebih jelasnya tentang praktek rumus fungsi excel diatas, maka simaklah penjelasan dibawah ini beserta contoh dan langkah demi langkah secara lengkap.

Fungsi Statistik

Fungsi AVERAGE

Fungsi AVERAGE Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung rata-rata sekumpulan nilai
AVERAGE(Angka1; [Angka2]; ...)

Fungsi AVERAGEIF

Fungsi AVERAGEIF Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung rata-rata nilai berdasarkan sebuah kriteria
AVERAGEIF(Range; Criteria; [Average_range])

Fungsi AVERAGEIFS

Fungsi AVERAGEIFS Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung rata-rata nilai berdasarkan beberapa syarat atau kriteria
AVERAGEIFS(AverageRange; CriteriaRange1; Criteria1; [CriteriaRange2; Criteria2]; ...)

Fungsi COUNT

Fungsi COUNT Excel adalah rumus dasar excel untuk mencacah/menghitung banyak cell yang berisi angka
COUNT(value1; [value2]; ...)

Fungsi COUNTA

Fungsi COUNTA Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung banyak cell yang tidak kosong(berisi teks, angka, informasi, dll)
COUNTA(value1; [value2]; ...)

Fungsi COUNTBLANK

Fungsi COUNTBLANK Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung jumlah cell yang kosong
COUNTBLANK(range)

Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF Excel adalah rumus dasar excel untuk mencacah/menghitung banyak sel berdasarkan pada syarat/kriteria tunggal tertentu
COUNTIF(Range; Kriteria)

Fungsi COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS Excel adalah rumus dasar excel untuk mencacah/menghitung jumlah sel atau banyak data berdasarkan pada beberapa atau syarat/kriteria.
COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]…)

Fungsi MIN

Fungsi MIN Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan nilai terendah(minimum) dari sebuah kumpulan nilai.
MIN(Angka1; [Angka2]; ...)

Fungsi MAX

Fungsi MAX Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan nilai tertinggi(maximum) dari sebuah kumpulan nilai.
MAX(Angka1; [Angka2]; ...)

Fungsi LARGE

Fungsi LARGE Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan nilai terbesar ke-x dari sebuah kumpulan nilai.
LARGE(Array; k)

Fungsi SMALL

Fungsi SMALL Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan nilai terkecil ke-x dari sebuah kumpulan nilai.
SMALL(Array; k)

Fungsi RANK

Fungsi RANK Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan ranking atau peringkat nilai.
RANK(Angka;Referensi;[order])

Fungsi RANK.AVG (Excel 2010+)

Fungsi RANK.AVG Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan ranking atau peringkat nilai. Jika ada nilai duplikat RANK AVG menghasilkan nilai rata-rata pada ranking atau peringkat tersebut.
RANK.AVG(Angka; Referensi; [order])

Fungsi RANK.EQ (Excel 2010+)

Fungsi RANK.EQ Excel adalah rumus dasar excel untuk mendapatkan ranking atau peringkat nilai. Jika terdapat nilai duplikat RANK.EQ akan memberikan nilai ranking yang sama.
RANK.EQ(Number; Referensi; [order])

Fungsi FREQUENCY

Fungsi FREQUENCY Excel adalah rumus dasar excel untuk menghitung kemunculan(frekuensi) nilai dari sebuah rentang data dalam bentuk Array Vertikal.
FREQUENCY(ArrayData; ArrayBins)

Fungsi Tanggal dan Waktu

Fungsi NOW

Fungsi NOW Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nomor seri TANGGAL dan WAKTU saat ini.
NOW()

Fungsi TODAY

Fungsi TODAY Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nomor seri TANGGAL saat ini.
TODAY()

Fungsi DATE

Fungsi DATE Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan format (nomor seri) TANGGAL berdasarkan informasi tanggal, bulan dan tahun yang Anda tentukan.
DATE(Tahun;Bulan;Tanggal)

Fungsi DATEVALUE

Fungsi DATEVALUE Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mengonversi tanggal dalam bentuk teks menjadi nomor seri tanggal excel.
DATEVALUE(TeksTanggal)

Fungsi DATEDIF

Fungsi DATEDIF Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan selisih tangal, bulan atau tahun diantara dua tanggal tertentu. Biasanya digunakan untuk menghitung umur atau masa kerja.
DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;KodeSatuan)

Fungsi DAY

Fungsi DAY Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai angka TANGGAL(1-31) dari format tanggal(DATE).
DAY(Tanggal)

Fungsi DAYS(Excel 2013+)

Fungsi DAYS Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghitung jumlah hari diantara dua tanggal.
DAYS(TanggalAkhir; TanggalAwal)

Fungsi DAYS360

Fungsi DAYS360 Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghitung jumlah hari diantara dua tanggal dengan asumsi semua bulan dalam setahun adalah 30 hari atau 360 hari dalam setahun.
DAYS360(TanggalAwal; TanggalAkhir; [Metode])

Fungsi MONTH

Fungsi MONTH Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai angka BULAN (1-12) dari sebuah format tanggal(DATE).
MONTH(Tanggal)

Fungsi YEAR

Fungsi YEAR Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai angka TAHUN dari sebuah format tanggal(DATE).
YEAR(Tanggal)

Fungsi TIME

Fungsi TIME Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan format WAKTU berdasarkan informasi jam, menit dan detik tertentu.
TIME(Jam;Menit;Detik)

Fungsi TIMEVALUE

Fungsi TIMEVALUE Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menkonversi TEKS yang menunjukkan waktu menjadi nilai desimal atau format waktu yang dikenal oleh excel.
TIMEVALUE(TeksWaktu)

Fungsi SECOND

Fungsi SECOND Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai angka DETIK dari sebuah format waktu(TIME).
SECOND(Waktu)

Fungsi MINUTE

Fungsi MINUTE Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai MENIT dari sebuah format waktu (TIME).
MINUTE(Waktu)

Fungsi HOUR

Fungsi HOUR Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mendapatkan nilai JAM dari sebuah format waktu (TIME).
HOUR(Waktu)

Fungsi EDATE

Fungsi EDATE Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan nomor seri tanggal yang menunjukkan jumlah bulan sebelum atau sesudah tanggal tertentu.
EDATE(TanggalAwal; Bulan)

Fungsi EOMONTH

Fungsi EOMONTH Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan nomor seri dari hari terakhir bulan sebelum atau sesudah jumlah bulan yang ditentukan.
EOMONTH(TanggalAwal; Bulan)

Fungsi NETWORKDAYS

Fungsi NETWORKDAYS Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan jumlah hari kerja di antara dua tanggal (Mengecualikan akhir pekan dan hari libur).
NETWORKDAYS(Tanggal_Awal; Tanggal_Akhir, [Hari_Libur])

Fungsi NETWORKDAYS.INTL (Excel 2010+)

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan jumlah hari kerja di antara dua tanggal (Dengan mengatur parameter akhir pekan dan hari libur)
NETWORKDAYS.INTL(Tanggal_Awal; Tanggal_Akhir; [Akhir_Pekan]; [Hari_Libur])

Fungsi WORKDAY

Fungsi WORKDAY Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan tanggal selesai kerja (Mengecualikan akhir pekan dan hari libur)
WORKDAY(Tanggal_Awal;Jumlah_Hari; [Hari_Libur])

Fungsi WORKDAY.INTL (Excel 2010+)

Fungsi WORKDAY.INTL Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan tanggal selesai kerja (Dengan mengatur parameter akhir pekan dan hari libur)
WORKDAY.INTL(Tanggal_Awal;Jumlah_Hari; [Akhir_Pekan]; [Hari_Libur])


0 Post a Comment: